download
images

KEMBALI KE MARINIR

Kaetika aku berpangkat Lettu, karena karierku seakan terhambat, karena lama tak naik pangkat, aku akan merubah haluan, pindah ke dunia Pelayaran.Maka dari itu, aku mengajukan diri untuk pindah ke Akademi Ilmu Pelayaran, ingin sambil belajar meraih ijazah Mualim III. Di AIP pangkatku naik menjadi Kapten dan ,medapat jsbstsn terhormst debsgai Perwira Resimen. Disiplin Taruna yang semula rendah, karena gaya kepemimpinanku yang baik, kondisi Taruna menjadi sangat baik. Disaat aku sudah menghayati tugasku dengan menyenangkan, aku di tarik kembali ke ingkungan Satuan Marinir, masuk Pendidikan Diklapa II di Surabaya. Isteriku ikut pindah agar bisa lebih dekat dengan anak dan isteri, kembali ke orang tuanya di Situbondo.Setiap hari Saptu, aku week end, naik kendaraan umum  dari Surabaya ke Situbondo dan Minggunya kembali dari Situbondo ke Surabaya, Swalaupun melelahkan, tetapi terasa membahagiakn karena bisa bertemu anak isteri. Disaat senggang, aku sempatkan ke studio foto untuk dokumentasi, berpakaian seragam PDU I.

Selesai Pendidikan, aku tidak ditugaskan di AIP kembali, tetapi di tugasi sebagai Pasi II, Batalyon 2 Marinir di Cilandak. Sebagai Militer, aku merasa bangga karena mendaopat Tuga Operasi Seroja ke Timor Timur selama 13 bulan,

 

Berangkat Desember 1976 dan selesai Januari 1978. Banyak yang kuperoleh di daerah Pertempuran, bagaimana menghadapi situasi gawat, kematian anak buah, turun langsung di tenda-tena untuk memberi motivasi ke anak buah agar betah menunggu pergantian pasukan, dan problem lain, yang sangat berbeda dengan bertugas disaat damai. Bermacam-macam perangai manusia jika meghadapi maut saat pertempuran, ada yang pemberani dan adapula yang nyalinya pas-pasan. Dari penugasan ke Timor Timur ini, aku mendapatkan Satyalencana Seroja, yang disematkan langsung oleh Men Hankam/PANGAB, Jenderal M,Yusuf di Cilandak.

ULANG TAHUN PERNIKAHAN DAN CUCU YANG MEMBANGGAKAN

Setiap Hari Ulang Tahun Pernikahanku selalu kami peringati baik secara cukup mewah maupun secara paling. Potong Tumpng adalah sebuas tradisi Jawa sebagai rasa sukur telah di karuniai kebahadiaan oleh Allah SWT. Pada tahun 2017 yang lalu, ketika HUT Pernikahanku, sebagai selingin,kuberikan cucuku Naval Mascaya, kesempatan untuk memberikan sambutan.Diluar dugaan, ternya dia berani tampil dengan mantap berpidato secara sistematis, bagaikan orang dewasa. Pengalaman berada di Amerika Serikat selama 11 bulan mengikuti Papinya Sekolah SESKO di Amerika Serikat, ukut memupuk rasa percaya diri yang kuat.

 

Foto Sea Niko.FOTO ANAK DAN CUCUKU

]

Saat ini, cucuku bersekolah di Kelas II Labschool, pernah mewakili Indonesia dalam Forum diskusi para siswa ASEAN di Hotel ARYA DUTA dan jika ada kunjungan kelompok siswa yang berkunjung ke Labschool, sering ditunjuk sebagai pendamping.

PESAWAT ITU TIDAK PERNAH  KUTERBANGKAN

Tahun 1964 aku sudah berada pada tingkat IV AAL atau tahun terakhir. Waktu aku masuk AAL aku memilih Korps Teknik. Namun sistem Pendidikan berubah dari Korps Sistem menjadi Line Sistem.. Dibuka kesempatan masuk Korp Penerbang bagi yang ingin.Karena Pendidikannya akan dilaksanakan di luar negeri(Uni Soviet). Aku ikut mendaftarkan dan lulus diantara sedikit yang lulus diantara banyak yang mendaftar.aaaaaabulan Oktober,kami berangkat ke Jakarta untuk Pelantikan kami sebagai Perwira d halaman Istana Merdeka. Semua perlengkapan untuk berangkat sudah selesai.Pergi keluar Negeri dan menjadi Penerbang sudah didepan mata.Namun Allah berkehendak lain.Hubungan Diplomatik Indonesia dan Uni Soviet memburuk. Pemberangkat di batalkan. Bagi Perwira yang memilih pesawat angkut, dimasukkan kedalam Korps Marinir, di pindahkan menjadi Korps Infanteri ditugaskan  di  Bataliaon 6. Selesai tugas di Batalyon, diharuskan masuk SEDASPAKO. Selesai Pendidikan, aku diangkat sebagai Seksi Penerangan. Waktu ada Pendidikan Penerbang didalam negeri lagi, aku sudah tidak tertarik.lagi.Dalam perjalanan karierku aku menjadi Walikota yang sering keluar negeri, selalu naik pesawat terbang yang mewah. Cita-citaku yang semula ingin menerbangkan pesawat, terobati dengan seringnya aku pergi keluar negeri dengan naik pesawat.