PENDIDIKAN

PENGANTAR

Rasa syukur senatiasa menghiasi perjalanan karierku sepanjang masa. Mungkin tak cukup untuk dikatakan cemerlang, namun juga tidak terlalu rendah.Caraku mensyukuri adalah dengan cara membandigkan dengan lingkungan pekerjaank:misalnya aku pernah menjabat sebagai Walikota Jakarta. Secara hierarki/vertikal, satu tingkat diatas Walikota adalah Bubernur dan satu tingkat keatas lagi adalah Presiden. Vertikal kebawah, Walikota membawahi Camat dan Lurah.Pada waktu saya menjabat sebagai Walikota Jakarta Utara:menurutku aku adalah warga Jakarta terbaik bersama  emapt Walikota yang lain, yaitu Walikota Jakarta Pusat,Barat, Timur dan Selatan. Diantara 5 Walikota, pada tahun 1995 aku terpilih menjadi Walikota terbaik, berati berada diatas Walikota yang lain. Karier sebelum menjadi Walikota, adalah seorang militer, kemudian pindah ke Lingkungan Pegawai Negeri Sipil dalam Tugas  Dwifungsi ABRI, dan setelah Walikota menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pariwisata dan Senibudaya. Selesai menjabat Skdit PARSENIBUD, kembali ke Perguruan Tinggi, kemudian terpilih menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta. Ketika sudah tidak menjadi Anggota DPRD lagi, aku memilih kembali ke dunia Pendidikan,menjadi Ketua Pembina Yayasan DIKANTARA yang aku dirikan pada tahun 1973 bersama rekan – rekan Perwira Angkatan Laut

Rapat HUT YAYASAN

AHUN EMAS YAYASAN DIKANTARA

(3 FEBRUARI 1973-3 FEBRUARI 2023)

Lahirnya sebuah gagasan

(Sebagaimana dialami dan diceritakan oleh para pelakunya)

Pada tahun 1967, beberapa Perwira muda Angkatan Laut, yang aktif di Kwartir Cabang Pramuka Jakarta Utara, mencita-citakan untuk mendirikan Sekolah Teknik Menengah(STM) Perkapalan. Cita-cita tersebut didasari suatu kenyataan adanya Akademi Ilmu Pelayaran(AIP) di Gunungsahari Jakarta Utara yang peminatnya luar biasa banyaknya. Mengapa untuk input Tarunanya, hanya mengambil dari SMA saja, padahal jika ada STM-nya, yang bisa meneruskan ke AIP, pasti akan lebih baik, karena secara mental telah dilatih menjadi tenaga kelas menengah yang sudah menyenangi dunia pelayaran, walaupun hanya sebagai praktisi, Dengan motivasi yang kuat serta tidak mengenal menyerah, cita-cita tersebut diupayakan agar segera terwujud, walaupun belum memiliki modal apapun, misalnya sebidang tanah  maupun gedungnya. Jalan yang paling efektif, kemana lagi”mengadu”, kalau tidak ke Pemerintah Daerah (DKI) Jakarta melalui Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Kronologis kegiatan

STM Perkapalan berdiri sejak tahun 1967 sebagai persiapan untuk mendirikan STM Negeri. Ternyata berdirinya STM Perkapalan ini mendapat sambutan yang besar dari masyarakat. Lulusan Angkatan pertama mencapai 100% walaupun gedung yang dipakai masih berupa pinjaman dari gedung Suku Dinas Pendidikan & Pelajaran Jakarta Utara.

Rapat Panitia berpindah-pindah

Gedung Sekolah yang berpindah-pindah

Menumpang di SMAN 13,

…………

,,,,,,,,,,,,

Agar langkah lebih fokus dan terarah, maka dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian STM Perkapalan. Pada 27 April 1972 Panitia Persiapan STM Negeri Perkapalan menulis surat kepada Gebernur KDCI Jakarta melalui Ka Dinas P&P DCI Jakarta Perihal Permohonan Pembangunan Gedung STM Perkapalan ditanda tangani oleh Ketua Panitia Letnan Laut (R) Effendy Suripto.

Pada 23 Mei 1972 mendapat surat balasan dari Gubernur KDCI agar Panitia datang di Gedung Agraria, setiap hari.Surat balasan ini ditanda tangani oleh Proyect Officer  PembangunanTempat Pendidikan  Ir BUN YAMIN RAMTO

Pada 29 Juni 1972 Undangan Rapat Peletakan Batu Pertama oleh Walikota Jakarta Utara yang pad kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Kota Drs Sudjoko Tirtowidjojo.

Pada 1 Juli 1972,karena terjadi Friksi antara Panitia dan Edukatif, Untuk sementara Panitia diambil alih oleh Walikota Jakarta Utara Dwinanto. Disusun Strutur Organisasi, strutur organisasi

Rabu 9 Maret 1973 Naskah Serah Terima Gedung Sekolah dari Letjen TNI Ali Sadikin kepada Effendy Suripto.

Pada hari Sabtu tanggak 3 Februari 1973 beberapa orang antara lain Effendi Suripto, Tuan Soerojo mendaftarkan untuk membuat  Akte dengan Notaris Soetomo Ramelan, dengan Susunan:

Ketua Effendy Suripto,

Bendahara II Soeroyo’

Bidang Hukum Ahmad Nawwi Rambe,

Bidang Humas Soeprawito

1Februari 1973

25 September 1975 Perubahan Susunan Pengurus Yayasan

Kamis 23 Oktober

Ketua Presidium I:Haji Ahmad Nawawi Rambe

Ketua Presidium II; Haji Effendy Suripto

Kamis 23 Oktober 1975 Pernyataan Keputusan Rapat Yayasan Dikantara

1 September 1983 Surat Keputusan Yayasan

3September 1983 Strutur Personalia

20 Maret 1987 Pemberhentian dengan Hormat

20 April 1989 Pemberhentian Sementara

10 Nopember 1994 Pembatalan Surat Keputusan

2 Desenber 2008 Akte Pendirian

1 Agustus 1997

Mengembangkan sayap.

Mendirikan  SMP Tanjung Priok

Mendirikan SMA Tanjung Priok

Mendirikan  SMK Tanjung Priok 11

Merenovasi dan menambah bangunan

Mengatasi keterbatasan SDM profesional

Pengadaan (Pembelian dan Sumbangan) perlengkapan praktek.

Kegiatan non akademik: Ekstra Kurikuler

Prestasi yang diraih.

Masa lalu: Mendayung

Saat ini:

Meningkatkan Penampilan: Drumband.

Modelling

Public Speaking

Kerjasama

 

Narasumber:

Para Pendiri antara lain: Bapak Nawawi Rambe dan Bapak Soerojo

Pendamping Pengurus Yayasan

Para Kepala Sekolah

Bapak Basri

Bapak Darwin

Keluarga Pendiri

 

 

 

 

MENDIRIKAN SMP KKO(MARINIR)

Pada tahun 1968 saat masih berpangkat letnan, aku ditugaskan menjadi Perwira Seksi Keamanan dan Hubungan Masyarakat, di Kecamatan …….yang belum memiliki SMP.

Bapak Letnan Laut
Port Tg. Priok
Port 1
Port 2
download (3)
Bapak Kadet

TAHUN EMAS YAYASAN DIKANTARA

(3 FEBRUARI 1973 – 3 FEBRUARI 2023)

Lahirnya sebuah gagasan

Sebagaimana dialami dan diceritakan oleh para pelakunya

Sekitar tahun 1967, beberapa Perwira muda Angkatan Laut, yang aktif di Kwarcab Pramuka Jakarta, mencita-citakan mendirikan Sekolah Teknik Menengah(STM) Perkapalan. Cita-cita tersebut didasari suatu kenyataan adanya Akademi Ilmu Pelayaran(AIP) di Gunungsahari Jakarta Utara yang peminatnya luar biasa banyaknya. Mengapa untuk input Tarunanya, hanya mengambil dari SMA saja, padahal jika ada STM-nya, yang bisa meneruskan ke AIP, pasti akan lebih baik, karena secara mental telah dilatih menjadi tenaga kelas mengah yang sudah menyenangi dunia pelayaran, walaupun hanya sebagai praktisi, Hanya berdasarkan motivasi yang kuat sajalah, cita-cita tersebut diupayakan agar segera terwujud, walaupun belum memiliki apapun, misalnya sebidang tanah  dengan gedungnya. Jalan yang paling efektif, kemana lagi”mengadu”, kalau tidak ke Pemerintah Daerah (DKI) Jakarta.

Kronologis kegiatan
Rapat Panitia berpindah-pindah
Gedung Sekolah yang berpindah-pindah
Pembentukan Panitia
Walikota Jakarta Utara turun tangan.
Sekolah diambil-alih oleh Walikota
Disimpang jalan.
Mengembangkan sayap.
Menirikan  SMP
Mendirikan SMEA
Mendirikan  SMA
Merenovasi dan menambah bangunan
Mengatasi keterbatasan SDM profesional
Pengadaan (Pembelian dan Sumbangan) perlengkapan praktek.
Kegiatan non akademik: Ekstra Kurikuler
Prestasi yang diraih.
Masa lalu: Mendayung
Saat ini:
Meningkatkan Penampilan: Drumband.
Modelling
Public Speaking
Kerjasama
 
Narasumber:
Para Pendiri antara lain: Bapak Nawawi Rambe dan Bapak Soerojo
Pendamping Pengurus Yayasan
Para Kepala Sekolah
Bapak Basri
Bapak Darwin
Keluarga Pendiri

SMK (Maritim) Tanjung Priok 3…………mungkinkah?

SMK Tanjung Priok 1(Teknik Perkapalan, Otomotif dan Multimedia). SMK Tanjung Priok 2 (Akuntansi dan Perkantoran), SMA Tanjung Priok dan SMP Tanjung Priok, secara bertahap semakin maju, berkualitas, memiliki kompetensi tinggi dan sarana serta prasarana yang semakin lengkap. Kini sedang gencar melakukan promosi dengan melalui online system, Facebook dan Website. Target utama adalah menjadikan Sekolah Tanjung Priok yang berada dibawah naungan Yayasan Dikantara, menjadi sekolah favorit dan rujukan bagi calon siswa dan orang-tua siswa.

Keberhasilan Sekolah adalah bila lulusannya diminati instansi atau perusahaan dalam waktu singkat setelah lulus, bahkan sebelum luluspun sudah diincar oleh institusi/perusahaan dan perguruan tinggi. Bagi para pembina, pemilik dan pendidik Lembaga Pendidikan harus pandai membidik lapangan kerja yang potensial dengan mendapatkan gaji yang memadai/baik.

Pemerintahan Jokowi-JK telah memiliki VIS Maritim, menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia/Tol Laut Nusantara. Jika VISI ini terwujud,bisa dihitung berapa besar tenaga teknis yang bisa dipekerjakan. Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan terbesar di seluruh Indonesia, paling besar membutuhkan tenaga vakasi yang berpendidikan berkelas internasional, Yayasan DIKANTARA harus pandai memprediksi pasar kerja, dan sanggup mengisinya, disamping Lembaga Pendidikan yang lain.

Pemikiran yang paling realistis adalah mendirikan SMK Maritim, yang memiliki Program Studi bidang:

1.Perhubungan/Transportasi(Laut)

2.Pariwisata (Wisata Bahari)

3.Kelautan dan Perikanan

4.Sumber Daya Alam

Pemilihan ini, sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah, bahwa bidang Maritim, secara kelembagaan tingkat nasional telah diwadahi dalam satu koordinasi Kementerian Koordinator Maritim dan Lembaga-Lembaga Pengelola SDA. Yayasan Dikantara sedang meningkatkan dan memperluas jaringan kerja terutama dengan perusahaan yang memiliki fasilitas praktikum, misalnya galangan kapal, perusahaan pelayaran dan masih banyak lagi.(wit).

 

Lorem ipsum dolor sit amet.

John Smith

SELAMAT DATANG KEMBALI RUMAH PRODUKSI GITA VARUNA

LATAR BELAKANG

Pernah ada Event Organizer Gita Varuna mengikuti modeling, public speaking dan kursus menyanyi. Saat ini keinginan untuk menyanyi/memainkan alat music tingi sekali. Maka dari itu gita varuna akan menghidupkan kembali Rumah Produksi GITA VARUNA Music School.

RENCANA

Akan dibuka pada tanggal 1 Juli 2018 bersamaan dengan hari lahir pancasila, tempat di Ruko Boulevard Timur Raya Blok CB1 No.1 Kelapa Gading,Jakarta Utara.

Jadwal latihan music dan menyanyi hari Senin, Rabu, Kamis, dan Jum’at, mulai jam 13.00 sampai 17.00

Kursus Alat Music dan Menyanyi

-    Organ tunggal = Mas Rudi Hariyono
Siap untuk menularkan kemampuannya dalam dunia permusikan yg sudah ditekuni 
selama kurang lebih 15 tahun yg menjadikannya pemain keyboard / organ / piano
yg sangat profesional dan cukup dikenal di Jakarta.
+Menerima pengerjaan sampling keyboard dsb.

Kursus Publik Speaking
    
Mantan Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi = DR.H.Suprawito,Msi
Kursus Komputer atau IT
-     Belajar Mengoperasikan dan Menguasai 
Microsoft Office Word, Excel, Power Point.

Biaya pelatihan terjangkau, Pelatih professional, dan Peralatan yg memadai.

KEBUDAYAAN

KESENIAN

SENI MUSIK

SENI RUPA

SENI SUARA

SENI MUSIK